Publikasi > Laporan Penelitian dan Evaluasi

Laporan Kemajuan Penguatan Kesetaraan Gender dan Inklusi Sosial dalam Program BANGGA Papua

Laporan ini menganalisis penerapan prinsip-prinsip GESI dalam program BANGGA Papua dan diinformasikan oleh kombinasi sumber data primer dan sekunder, termasuk wawancara dan diskusi kelompok terfokus yang dilakukan di tiga kabupaten percontohan pada Maret 2020. Laporan dan rekomendasinya mengacu pada dan melengkapi Evaluasi Proses BANGGA Papua yang dilakukan pada Juni 2020. Laporan ini dilakukan oleh KOMPAK. Audiens yang dituju untuk laporan ini adalah Pemerintah Provinsi Papua dan lembaga pelaksana BANGGA Papua terkait, bersama dengan pemangku kepentingan Pemerintah Indonesia di tingkat nasional dan mitra pembangunan lainnya.

Dipublikasikan pada: Nov 2021

Publikasi > Laporan Penelitian dan Evaluasi

Pembelajaran dari Akademi Paradigta: Menggerakan Desa Memperkuat Kepemimpinan Perempuan

Tahun 2021 Akademi Paradigta memasuki usia 6 tahun perjalanannya, dan telah berkembang dengan berbagai kurikulum yang merespon perubahan dan perkembangan yang terjadi di berbagai konteks di Indonesia. Dukungan KOMPAK pada tiga tahun pertama pengembangan pilot program telah memungkinkan Akademi Paradigta membangun fondasi yang kuat bagi perkembangan dan keberlanjutannya hingga saat ini. Kami menyambut baik dan menghargai upaya KOMPAK mendokumentasikan Akademi Pradigta dan menerbitkannya menjadi buku untuk mengidentifikasi model pemberdayaan perempuan, dan menyebarluaskan pengalaman dan pengetahuan Akademi Paradigta mengembangkan kepemimpinan perempuan. Semoga buku ini dapat memberikan inspirasi bagi pemangku kepentingan pemberdayaan dan kepemimpinan perempuan untuk mencapai tujuan pembangunan Indonesia yang berkelanjutan, mensejahterakan dan memberikan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Dipublikasikan pada: Sep 2021

Publikasi > Laporan Penelitian dan Evaluasi

Opsi Keberlanjutan Dana Otonomi Khusus 2022–2041: Menuju Tanah Papua yang Sejahtera dan Mandiri

Kebijakan Dana Otsus untuk Papua dan Papua Barat berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 21 Tahun 2001 selesai pada tahun 2021. Sementara, tingkat kemiskinan di Tanah Papua masih yang tertinggi di Indonesia dengan “gap” capaian kualitas pembangunan yang cukup tinggi dibanding wilayah lain. Diperlukan alternatif mekanisme untuk perencanaan dan pelaksanaan pembangunan yang dapat mengakselerasi pencapaian target pembangunan di Tanah Papua. Oleh karena itu, KOMPAK melakukan studi “Opsi Keberlanjutan Dana Otonomi Khusus Tahun 2022-2041 Menuju Tanah Papua Yang Sejahtera dan Mandiri.” Studi ini menganalisis sejumlah opsi keberlanjutan Dana Otsus di Tanah Papua pasca 2021.

Dipublikasikan pada: Sep 2021

Publikasi > Laporan Penelitian dan Evaluasi

Evaluasi Pelaksanaan Model Universitas Membangun Desa (UMD)

Studi ini diarahkan untuk mengevaluasi model UMD guna mendapatkan poin pembelajaran utama untuk peningkatan efektivitas dan penyebaran model UMD ke depan. Evaluasi dilakukan di tiga provinsi, yaitu Aceh, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan di mana KOMPAK telah mendukung uji coba KKN model UMD sebelumnya. Pada saat uji coba PT yang mendapat dukungan adalah Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh di Aceh, Universitas Jember (UNEJ) di Jawa Timur, Universitas Katolik Parahyangan di Jawa Barat dan UIN Alauddin Makassar di Sulawesi Selatan. Di Sulawesi Selatan, evaluasi ini diperluas cakupannya untuk melihat pembelajaran pelaksanaan KKN model UMD di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) yang secara khusus mendapat dukungan teknis dari KOMPAK. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangkep telah menandatangani kesepakatan pelaksanaan UMD KKN-Tematik dengan sejumlah PT dan mengundang mahasiswa KKN dari UNEJ untuk melaksanakan model UMD. Dalam evaluasi ini, tim peneliti mewawancarai 61 responden (40 responden laki-laki, 21 responden perempuan), dan melakukan observasi langsung ke tujuh desa di tiga provinsi di mana kegiatan UMD dijalankan oleh PT mitra.

Dipublikasikan pada: Jul 2021

Publikasi > Laporan Penelitian dan Evaluasi

Tantangan Pengelolaan Keuangan Publik: Pembelajaran dari Analisis Constraint Anggaran di 15 Kabupaten

KOMPAK bersama dengan Direktorat Evaluasi dan Sistem Informasi Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan dan 15 Pemerintah Kabupaten lokasi KOMPAK mengadakan Kajian mengenai Tantangan Manajemen Keuangan Publik. Kajian ini menganalisis tantangan pengelolaan keuangan pemerintah kabupaten dari proses perencanaan, penganggaran sampai pada pelaporan keuangannya. Analisis ini dilakukan terhadap APBD 2014-2018 di 15 kabupaten mitra KOMPAK yang berasal dari lima provinsi yaitu Aceh, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Selatan.

Dipublikasikan pada: Apr 2021

of
8

Menghadapi

COVID-19