Artikel

Forum Inspirasi Nasional: Praktik Baik KOMPAK untuk Mendukung Strategi Percepatan Kemiskinan Ekstrem ‘NOL’

Author: Meita Annissa / Paulus Enggal Sulaksono
Published: 01/04/2022

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) bersama Pemerintah Australia melalui program KOMPAK menyelenggarakan Forum Inspirasi Nasional, dengan tema ‘Kolaborasi untuk Indonesia’ pada Rabu, 30 Maret 2022. Acara yang berlangsung secara daring ini, bertujuan untuk berbagi pembelajaran dan praktik baik dari inovasi-inovasi yang telah dilakukan KOMPAK bersama Bappenas, Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Desa PDTT, pemerintah daerah di 7 provinsi serta  mitra pembangunan lainnya selama periode 2015 – 2022 di 24 kabupaten, 41 kecamatan, dan 496 desa.

Dalam sambutannya, Dr. Ir. H. Suharso Monoarfa, Menteri PPN/Kepala Bappenas menyampaikan bahwa berbagai kegiatan yang dilakukan melalui Program KOMPAK merupakan dukungan yang bermanfaat bagi pemerintah pusat dalam melaksanakan agenda pembangunan Pemerintah Indonesia, diantaranya terkait transformasi ekonomi melalui pemberdayaan UMKM, peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui perlindungan sosial dan pelayanan dasar, dan transformasi digital melalui Digitalisasi Monografi Desa/Kelurahan (DMD/K). “Dukungan Program KOMPAK juga selaras dengan Strategi Percepatan Kemiskinan Ekstrem “NOL”, yang merupakan respons pemerintah dalam menghadapi dampak pandemi COVID-19,” ujar Menteri Suharso.

Menurutnya, kondisi sulit dalam dua tahun terakhir ini telah berimplikasi pada meningkatnya penduduk miskin sebesar 1,3 juta orang. Oleh karena itu, lanjut Menteri Suharso, Bappenas telah mengusulkan strategi pengentasan kemiskinan ekstrem berdasarkan kewilayahan berupa integrasi bantuan sosial, layanan dasar, dan pemberdayaan ekonomi. “Hasil dan praktik baik yang dilakukan Program KOMPAK dapat menjadi masukan dan inspirasi untuk mempertajam strategi ini,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Penny Williams PSM, Duta Besar Australia untuk Indonesia menyebutkan bahwa implementasi berbagai solusi inovatif yang dilakukan KOMPAK bersama pemerintah daerah dalam bidang perbaikan layanan dasar dan perluasan kesempatan ekonomi kepada mereka yang paling membutuhkan telah membawa perubahan positif. Salah satunya yaitu Sistem Informasi Desa di Papua dan Papua Barat yang menghasilkan data akurat dan memudahkan Orang Asli Papua untuk mengakses layanan dasar dan program perlindungan sosial, peningkatan pelayanan kesehatan dan pendidikan bagi masyarakat nelayan pulau-pulau terpencil di Sulawesi Selatan dan dukungan bagi kelompok perempuan yang tergabung dalam usaha kerajinan tangan eceng gondok di Aceh Barat. “Selain untuk mempresentasikan keberhasilan program, Forum Inspirasi hari ini juga menandai berakhirnya program KOMPAK di bulan Juni tahun ini. Meski demikian, kami berharap semua kerja keras dan pencapaian dari KOMPAK akan terus dilanjutkan di masa yang akan datang,” sebut Dubes Penny.

Forum Inspirasi Nasional menampilkan pembelajaran dan praktik baik implementasi program KOMPAK melalui tiga sesi panggung interaktif yang menghadirkan sejumlah narasumber baik kepala daerah, pejabat kementerian, inovator serta para penerima manfaat. Team Leader KOMPAK Anna Winoto berharap, lebih banyak lagi daerah yang akan mengambil manfaat dari praktik baik dan pembelajaran yang telah dihasilkan KOMPAK sebagai bagian upaya penanggulangan kemiskinan. “Kami sekarang memiliki banyak contoh dan praktik baik dengan ragam pendekatan dan berbagai konteks. Bersama Bappenas dan pemerintah provinsi serta mitra lain, kami juga membangun pusat-pusat pengetahuan dan pembelajaran tentang Program KOMPAK,” ujar Anna.

Salah satu pusat pengetahuan dan pembelajaran tersebut adalah Pusat Pengetahuan SIKOMPAK, http://sikompak.bappenas.go.id/ yang diluncurkan oleh Pungky Sumadi, MCP., Ph.D., Deputi Bidang Kependudukan dan Ketenagakerjaan Bappenas. Pusat pengetahuan ini berisi berbagai panduan, hasil penelitian, dan cerita perubahan serta akses untuk berkonsultasi langsung dengan para inovator mengenai inovasi-inovasi yang telah dilakukan bersama melalui Program KOMPAK.

Forum Inspirasi Nasional (FIN) merupakan puncak dari rangkaian acara berbagi pengetahuan dan praktik baik di tingkat provinsi, yang dilakukan sejak September 2021 hingga Maret 2022. Menyusul Forum Inspirasi Daerah  di 7 provinsi dampingan KOMPAK yaitu Aceh, Jawa Timur, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Papua dan Papua Barat. FIN adalah media untuk membagikan pengetahuan dan pembelajaran Program KOMPAK, mempromosikan upaya replikasi di luar lokasi KOMPAK dan memfasilitasi penyusunan kebijakan di tingkat nasional.

Artikel Aktivitas Lainnya

Artikel
Kajian Costing dan Pemanfaatan Dana Bantuan Operasional Jaminan Persalinan (Jampersal)

Kajian costing dan pemanfaatan dana Jampersal ini bertujuan untuk: (a) Mengidentifikasi kebutuhan apa saja yang perlu dipertimbangkan dalam penentuan besaran alokasi (costing) dana...

Artikel
Data Akurat untuk Percepatan Peningkatan Kesejahteraan di Tanah Papua

Pemerintah Provinsi Papua dan Papua Barat, berkolaborasi dengan KOMPAK, program kemitraan Pemerintah Indonesia dan Australia, menyelenggarakan Forum Inspirasi Tanah Papua bertema...

Artikel
Tiga Inovasi Penanggulangan Kemiskinan untuk Aceh Hebat

Tiga dari sekian inovasi layanan publik di Aceh, seperti LADG melalui keberadaan PRG, Keperantaraan Pasar, dan sistem digital layanan publik SIGAP ditampilkan dalam Forum Inspirasi...

Menghadapi

COVID-19