Artikel

Data Akurat untuk Percepatan Peningkatan Kesejahteraan di Tanah Papua

Author: Andhiani Manik Kumalasari / Paulus Enggal Sulaksono
Published: 14/03/2022

Pemerintah Provinsi Papua dan Papua Barat, berkolaborasi dengan KOMPAK, program kemitraan Pemerintah  Indonesia dan Australia, menyelenggarakan Forum Inspirasi Tanah Papua bertema “Praktik Baik Kolaborasi untuk Percepatan Peningkatan Kesejahteraan Tanah Papua” Rabu, 9 Maret 2022. Acara ini ditujukan untuk mempromosikan praktik-praktik baik dan inovasi-inovasi yang telah dilakukan di Papua dan Papua Barat.

Forum Inspirasi Tanah Papua memaparkan keberhasilan Provinsi Papua dan Papua Barat memaksimalkan pemanfaatan dana Otonomi Khusus (Otsus) untuk menanggulangi kemiskinan. Badan Pusat Statistik Provinsi Papua dan Papua Barat mencatat, angka kemiskinan di kedua provinsi ini mengalami penurunan sebesar 14 – 19 persen sejak 2002 hingga 2021.

“Capaian dalam penurunan angka kemiskinan ini adalah hasil kerja kolektif baik pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten dan juga pemerintah pusat dengan dukungan KOMPAK,” kata Mohamad Lakotani, S.H., M.Si., Wakil Gubernur Papua Barat.

Sejak 2015, Pemerintah Provinsi Papua dan Papua Barat, dengan dukungan Program KOMPAK telah mengembangkan dan mengujicoba inovasi-inovasi untuk meningkatkan kualitas perencanaan dan penganggaran, meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan serta memperbaiki akses layanan dasar dan program perlindungan sosial.

Salah satu inovasi tersebut adalah pengembangan sistem informasi kampung yang menyimpan dan memutakhirkan data kependudukan, sosial dan ekonomi setiap warga kampung. Sistem yang dikelola oleh kader kampung ini menyediakan data akurat bagi pemerintah sebagai dasar perencanaan program pembangunan.

“Dari data yang akurat itu, kita bisa pastikan jumlah masyarakat Papua, lokasi tempat tinggalnya, dan tingkat kemiskinan mereka, sehingga perencanaan pembangunan bisa lebih tepat sasaran,” ujar Dr. Ridwan Rumasukun, S.E., M.M., Sekretaris Daerah Papua.

Di Provinsi Papua, sistem informasi kampung dikenal dengan nama Sistem Informasi Orang Papua atau SIO Papua, sedangkan di Papua Barat dinamakan Sistem Administrasi dan Informasi Kampung atau SAIK+. Sistem informasi kampung ini mendukung inovasi-inovasi lain seperti program Distrik Membangun Membangun Distrik (DMMD), program perlindungan sosial, Penguatan Administrasi Kependudukan dan Statistik Hayati (PASH), sinergi perencanaan, pemberdayaan masyarakat dan kader kampung serta Program Strategis Peningkatan Pembangunan Kampung (PROSPPEK).

Data Orang Asli Papua (OAP) merupakan variabel utama perhitungan alokasi anggaran otonomi khusus (Otsus) di kabupaten/ kota di Tanah Papua. Data akurat yang dihasilkan oleh sistem informasi kampung juga memudahkan orang asli Papua untuk menerima layanan dasar dan program bantuan karena sistem ini pun mendata status kepemilikan dokumen kependudukan masyarakat. Perangkat kampung akan membantu masyarakat yang belum memiliki dokumen kependudukan, karena dokumen ini menjadi syarat untuk mengakses layanan dasar seperti pendidikan, kesehatan dan program-program perlindungan sosial.

“Dengan adanya SIO Papua, kampung-kampung di Kabupaten Asmat dapat memiliki data yang akurat, dapat digunakan sebagai dasar perencanaan pembangunan di kampung yang tertuang dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Kampung atau RPJMK yang bersinergi dengan layanan dasar,” ungkap Holly Decembrine Tahitoe, Kasi Analisa Data dan Informasi Pembangunan Bidang Sosial Budaya, Bappeda Kabupaten Asmat.

Selain membantu pemerintah kampung, data akurat juga mendukung sinergi perencanaan pemerintah distrik. Yacobus Frits Ramar, Kepala Distrik Oransbari, Kabupaten Manokwari Selatan menjelaskan, “Kita di distrik sudah mampu melakukan perencanaan. Bukan perencanaan parsial lagi. Kita sudah melakukan sinergi dan kolaborasi untuk memadukan semua perencanaan dengan berbasis data SAIK+. Ini sebuah keberhasilan yang kita capai.”

Keberhasilan inovasi-inovasi yang sudah dikembangkan pemerintah daerah bersama KOMPAK khususnya yang berkontribusi meningkatkan kesejahteraan OAP mendapat apresiasi dari Pemerintah Australia. “Melalui KOMPAK, kami telah mendukung upaya-upaya pemerintah nasional, provinsi dan kabupaten untuk mengurangi kemiskinan, meningkatkan akses masyarakat miskin, rentan dan Orang Asli Papua terhadap layanan dasar, juga upaya mereka membangun desa-desa tradisional, serta memberdayakan Orang Asli Papua untuk berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi lokal,” kata Kirsten Bishop, Minister Counsellor for Governance and Human Development DFAT, Kedutaan Besar Australia. Dia berharap, pemerintah provinsi dan kabupaten lainnya terinspirasi untuk mempelajari, menyesuaikan dan mengadopsi praktik-praktik baik yang telah dikembangkan di Tanah Papua.

Pada Forum Inspirasi ini, Pemerintah Papua dan Papua Barat juga meluncurkan platform digital Knowledge Center atau Pusat Pengetahuan yang menyimpan praktik baik dan pembelajaran hasil ujicoba inovasi-inovasi pembangunan yang telah dilakukan. Melalui platform ini diharapkan Pemerintah Papua dan Papua Barat dapat menyebarkan informasi praktik baik yang bisa dicontoh di daerah lain.

Forum Inspirasi Tanah Papua merupakan rangkaian kegiatan berbagi pengetahuan dan praktik baik di 7 provinsi (Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat, Aceh, Papua dan Papua Barat) dampingan KOMPAK yang dilakukan sejak September 2021. Puncak dari kegiatan ini yaitu penyelenggaran Forum Inspirasi Nasional dan berlangsung pada akhir Maret 2022.


Artikel Aktivitas Lainnya

Artikel
Kajian Costing dan Pemanfaatan Dana Bantuan Operasional Jaminan Persalinan (Jampersal)

Kajian costing dan pemanfaatan dana Jampersal ini bertujuan untuk: (a) Mengidentifikasi kebutuhan apa saja yang perlu dipertimbangkan dalam penentuan besaran alokasi (costing) dana...

Artikel
Forum Inspirasi Nasional: Praktik Baik KOMPAK untuk Mendukung Strategi Percepatan Kemiskinan Ekstrem ‘NOL’

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) bersama Pemerintah Australia melalui program KOMPAK menyelenggarakan Forum Inspirasi...

Artikel
Tiga Inovasi Penanggulangan Kemiskinan untuk Aceh Hebat

Tiga dari sekian inovasi layanan publik di Aceh, seperti LADG melalui keberadaan PRG, Keperantaraan Pasar, dan sistem digital layanan publik SIGAP ditampilkan dalam Forum Inspirasi...

Menghadapi

COVID-19